Rabu, 08 Juni 2011

Manusia yang bertanggung jawab

Manusia hidup bermasyarakat dan bersosial sesama manusia dan lingkungan di sekitarnya, maka dari itu manusia juga memiliki tanggung jawab atas semua perbuatan yang dilakukan terhadap orang lain.
Manusia yang bertanggung jawab adalah manusia yang bisa menyelesaikan atau menangani perbuatannya sendiri. Manusia juga mempunyai aturan yang bisa membatasi manusia tersebut untuk melakukan sesuatu yang bisa merugikan orang lain dan lingkungan sekitar. Contohnya saja dirumah, orang tua yang membatasi anak-anaknya untuk keluar larut malam. Karena pikir orang tua tidak ada manfaatnya keluar rumah larut malam, salah-salah bergaul bisa terjerumus pergaulan yang tidak baik. Itulah contoh orang tua yang mempunyai tanggung jawab atas anak-anaknya dirumah.
Manusia pun mempunyai tanggng jawab atas diri sendiri. Contohnya ia harus bisa mempertanggung jawabkan atas perbuatan dan pilihannya yang telah ia pilih, bisa bertanggung jawab atas janjinya. Kebanyakan orang-orang hanya mengucapkan janji-janji tetapi tidak bisa mempertanggung jawabkan janjinya tersebut. Banyak contoh lain seperti calon-calon pejabat yang bisanya kampanye-kampanye kesana-kesini dan meneriakkan janji-janjinya hanya untuk mendapat dukungan dari masyarakat. Tetapi setelah terpilih pejabat tersebut hanya menikmati hasil dari pekerjaannya saja dan tidak mempedulikan masyarakatnya. Itulah salah satu contoh manusia yang tidak bertanggung jawab atas orang lain dan lingkungan disekitarnya.
Contoh selanjutnya adalah bertanggung jawab kepada teman sekelas, misalnya saya meminjam pulpen atau pensil kepada teman saya, saya harus bisa bertanggung jawab atas benda yang saya pinjam tersebut. Apabila benda tersebut hilang maka saya harus menggantinya itulah bentuk tanggung jawab pada teman sekelas. 
Tanggung jawab saya dirumah adalah sebagai anak untuk membantu orang tua. Dan bisa mempertanggung jawabkan perbuatan yang telah dilakukan kepada orang tua.
Jadi kesimpulannya adalah manusia harus mempunyai jiwa tanggung jawab, karena jika manusia bisa mempertanggung jawabkan perbuatannya maka akan bisa menciptakan keserasian dan keselarasan terhadap manusia lain dan lingkungan alam sekitarnya. 

Tidak ada komentar: